twitter
rss

Siapa yang tidak tahu sudoku?(minimal udah pernah denger lah). Sudoku merupakan salah satu permainan teka-teki yang 'memukul' dunia teka-teki. Siapa sangka permainan ini begitu terkenal pada tahunnya?

Sudoku merupakan teka-teki yang memiliki jaringan yang sebagian diisi dengan angka. Pemecah harus mengisi sisa kotak dengan kombinasi yang tepat dari angka.
Dalam matematika, abad ke-18 Swiss Leonhard Euler mengembangkan konsep kotak Latin, di mana angka-angka dalam kotak muncul tepat satu kali di setiap baris dan tepat sekali dalam setiap kolom. Pada akhir 1970-an, Majalah Dell di AS mulai menerbitkan teka-teki Sudoku menggunakan konsep Euler's dengan 9 dengan 9 kotak persegi. Teka-teki itu disebut Number Place kemudian, dan dikembangkan oleh Howard Garnes, seorang arsitek pensiun pada 1979. 

Pada pertengahan 1980-an, teka-teki Jepang perusahaan Nikoli, memperkenalkan permainan ini, yang menjadi sangat populer di Jepang. Maki Kaji, presiden Nikoli memberi nama permainan ini "Suuji wa Dokushin ni Kajiru", yang berarti nomor harus tunggal, atau nomor harus terjadi hanya sekali. Kemudian nama itu disingkat menjadi SUDOKU, yang kta kenal sekarang.


Pada tahun 1986, dua inovasi untuk permainan diperkenalkan oleh Nikoli:a) maksimum 32 nomor akan diberikan dalam setiap teka-teki
b) nomor dibagikan dalam kotak rotationally seimbang.
Inovasi ini membuat Sudoku sangat populer dengan pemecah teka-teki. Meskipun Sudoku saat ini diterbitkan di hampir semua publikasi utama di Jepang, seperti Asahi Shimbun, Nikoli memiliki hak cipta untuk nama Sudoku.

Karena kesamaan logika di balik Sudoku dan legendaris Kubus Rubik, Sudoku dijuluki sebagai "Cube Rubik Abad 21".
Versi komputer pertama Sudoku adalah berburu Digit, yang diciptakan oleh pedoman / Softdisk Penerbitan dan dirilis pada platform konsol Commodore 64 pada tahun 1989.
Versi lain berjalan yang masih ada adalah Nomor Tunggal, yang diciptakan oleh Yoshimitsu Kanai. Nomor tunggal adalah generator teka-teki komputerisasi yang pertama kali muncul pada tahun 1995 untuk platform PC Apple Macintosh. Sebuah versi PDA muncul pada tahun 1996, dan versi terbaru untuk Mac OS-X muncul hanya 2005 lalu.

Majalah Dell masih menerbitkan Number Place. Tapi itu telah menambahkan dua majalah Sudoku baru, Sudoku Asli, yang menyoroti versi asli Number Place, dan Ekstrem Sudoku, yang merupakan versi yang lebih sulit dari game asli. Kappa mempublikasi Sudoku Nikoli sebagai Squared Jauh di Majalah GAMES.

Meskipun Sudoku sangat populer di Jepang dan Amerika Serikat sebelumnya, Eropa hampir tidak tahu bahwa ada permainan teka-teki ini. Namun berkat pensiunan hakim, Wayne Gould, Eropa juga mejadi demam Sudoku. Gould melihat sebuah teka-teki Sudoku di toko buku Jepang pada tahun 1997. Dia membeli buku itu, dan menciptakan sebuah program komputer yang bisa menghasilkan teka-teki dengan cepat dan mudah, mengembangkannya lebih dari 6 tahun di Pappocom, perusahaan perangkat lunak nya. Kemudian, ia dipromosikan ke koran Inggris, The Times. Pada tanggal 12 November 2004, Sudoku teka-teki pertama diperkenalkan ke Inggris.

Berbagai versi Inggris Sudoku kemudian mulai bermunculan. Ada Codenumber, Versi Daily Mail itu, yang berasal dari teka-teki Michael Mepham, dan pertama kali dicetak pada 19 Januari 2005. Lima teka-teki Sudoku pertama kali dicetak oleh The Daily Telegraph Sydney Mei lalu 20, 2005. Dan Telegraph Inggris memperkenalkan Sudoku setiap hari di halaman depan, mulai Februari lalu 23, 2005. Karena popularitas permainan ini, Sudoku dijuluki sebagai "teka-teki dengan pertumbuhan tercepat di dunia" tahun 2005.

Sudoku menaklukkan tidak hanya media cetak, tetapi juga siaran dan media elektronik! Channel 4 TV memperkenalkan permainan Sudoku pertama setiap hari pada Juli 2005. Radio Times, panduan program BBC, mulai menampilkan Sudoku.Sky Satu juga memproduksi acara TV pertama Sudoku, Sudoku Live, yang mulai ditayangkan 1 Juli 2005. Dengan pembawa acara Carol Vorderman, Sudoku Hidup ditampilkan 9 tim yang terdiri dari 9 pemain setiap tim, yang mewakili wilayah geografis yang berbeda, yang harus memecahkan teka-teki. Setiap tim memiliki anggota selebriti dan 8 warga negara biasa. Sementara versi studio yang sedang dimainkan, pemirsa di rumah punya versi sendiri interaktif untuk bermain dengan mereka. Karena sifat adiktif nya, Sudoku dilarang di beberapa wilayah karena pemain terus memainkannya. Sekarang, Internet dipenuhi dengan jutaan versi Sudoku, baik online dan offline, bebas dan dibeli. Dengan miliaran teka-teki unik yang dihasilkan oleh program komputer, 2 sampai 4 situs tidak akan melahirkan seorang pecandu Sudoku untuk waktu yang cukup lama.

Siapa yang bisa pernah berpikir bahwa sebuah teka-teki nomor sederhana pada tahun 1979 akan menaklukkan dunia seperti flu biasa?

Sumber : id.prmod.net

1 comments:

  1. suka banget sama permainan ini dari dulu

    Karawang Industrial Estate

Post a Comment