twitter
rss



Assalaamu'alaykum kawaaannn!!!
Ohisashiburi desu neee..

Semester ini saya PPL di SMPN 1 Inderalaya Selatan (Meranjat). Boleh saya katakan, buku-buku di sini, daeeeebaaakkk!!! Keren-keren dan masih bagus-bagus. Sayang sekali karena di sini termasuk pedesaan, siswa-siswanya kurang memiliki minat dengan baca membaca.

Berhubung markas anak-anak PPL di perpustakaan, jujur saya lumayan betah untuk bertahan di sini sampai jam mengajar tiba. Bahkan di SD, SMP, dan SMA saya tidak ada buku-buku keren seperti ini. Bergambar, berwarna, menarik dibaca, dan mudah dipahami.

Nah, disini akan saya tulis cuplikan dari buku yang menarik perhatian saya.
Okeh, kita mulai yah perkenalan sedikit aja dengan planet-planet di Tata Surya kita...big grin

1. MERKURIUS, SI CEPAT

Mengapa dinamakan Merkurius?


       Dalam mitos Romawi, Merkurius (Mercury) adalah dewa perdagangan, perjalanan, dan penculikan. Orang Yunani menyebut Mercury sebagai Hermes. Mercury adalah Sang Pembawa Wahyu Tuhan.
*Tambahan dikit nih, selain terkenal sebagai God of Thief, memang Hermes juga      sebagai Dewa Pembawa Pesan.
Hermes adalah anak Zeus dan Maia. Hermes mempunyai sayap di kaki dan di sayapnya. Dia terkenal karena kecepatan, kecerdikan, dan kecermatannya. Planet ini dinamakan dengan Mercury mungkin karena gerakannya mengelilingi Matahari yang sangat cepat.

        Hermes mempunyai sebuah kuil di Roma dekat Circus Maximus di Bukit Aventine yang tertanggal 495 Sebelum Masehi. Kuil ini terkait dengan pasar malam. Festival utama yang bernama Mercuralia dirayakan setiap tanggal 15. Pada perayaan itu, para pedagang menetesi kepala dan dagangan mereka dengan air yang diambil dari sumur di dekat Porta Canepa.


2. VENUS, DEWI KECANTIKAN

Si Cantik, Bintang Kejora

       
Planet kedua dari Matahari adalah Venus. Nama Venus diambil dari cerita Romawi yakni Dewi Kecantikan dan Cinta. Namun, andai kamu dapat berkunjung ke planet Venus, maka kamu akan melihat tempat yang sangat tidak indah. Bahkan tidak nyaman!
*Padahal waktu SD aku berperan sebagai planet Venus~___~straight face

        Saat Venus dapat dilihat engan mata telanjang maka Venus akan menjadi benda yang paling terang di langit, lebih terang daripada satelit alam. Venus dapat diamati ketika pagi hari atau senja hari. Orang menyebutnya dengan 'Bintang Kejora'. Satu hal yang aneh juga dari Venus ini, arah rotasinya berkebalikan sama bumi kawan, yaitu dari timur ke barat.


3. BUMI, TEMPAT TINGGAL KITA DI ALAM SEMESTA

      Bumi, tempat kita tinggal, mengelilingi mataari (revolusi) seperti planet lainnya. Ada atmosfer tidak seperti Venus (makanya Venus panas bingit). Samudera, benua. Satelitnya Bulan. Cukup.



4.MARS, DEWA PERANG

Planet Merah

         Dalam cerita Yunani kuno, Mars disebut dengan Ares. Ares merupakan Dewa Perang. Mars adalah planet keempat dari Matahari. Batuan, tanah, dan atmosfer Mars berwarna merah dan pink. Oleh karena itu, Mars sering dijuluki sebagai Planet Merah. jika kamu mempunyai teleskop, Mars akan menjadi benda langit yang pertama kali terlihat. Kamu tidak akan jenuh mengamati Mars karena keindahannya, dari seluruh planet, hanya Mars yang dapat teramati perubahan cuacanya. Satelitnya Phobos Deimos ya.


5. JUPITER, DEWA ZEUS

              Planet kelima tata surya kita adalah Jupiter. Jupiter merupakan planet paling besar ukuran dan massanya. Diameternya hampir 12 kali diameter bumi dan massanya
318 kali massa bumi. Karena ciri-ciri Jupiter yang serba besar maka Jupiter juga dijuluki sebagai Raja planet. Nama Romawi Jupiter adalah Zeus yang merupakan Raja para dewa.

          Kekuatan medan magnet Jupiter jauh lebih kuat daripada medan magnet Bumi. Satelit raja planet ini ada empat, yaitu Io, Europa, Ganymade, dan Callisto.


6. SATURNUS, PLANET BERCINCIN
          
          Zaman dahulu, Saturnus dianggap sebagai pembawa sial. Jika dibandingkan
dengan yang lain, Saturnus terlihat suram. Sistem cincin Saturnus tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Keindahan Saturnus dapat kita nikmati setelah penemuan teleskop pada abad XVII.

              Nah, yang istimewanya yaitu atmosfer cincin Saturnus ternyata memiliki atmosfernya sendiri. Atmosfer itu terpisah dari atmosfer Saturnus. Nama-nama satelit-satelit alamnya pada terkenal nih, sering dipake dalam game-game; Titan, Tethys, Rhea, Dione.


7. URANUS, PLANET TIDAK TAAT ATURAN
          
   Kenapa ya dibilang tidak taat aturan?confused
Waah, ternyata jawabannya karena "kemiringannya" kawan. Poros Uranus mempunyai kemiringan sebesar 98 derajat terhadapa garis yang tegak lurus dengan bidang edarnya. Kebayang gak sih waiting
             Keunikan lain Uranus adalah adanya 11 cincin-cincin tipis dalam sistem planet. Beberapa namanya, Alfa, Beta, Gamma, Delta, Epsilon. Trus satelit alamnya banyak buanget, lebih dari 11. hemmm gitu.


8. NEPTUNUS, SI BIRU

          Ini nih yang dibilang kembarannya Uranus, mirip-mirip gimanaa gitu. Dan tau juga gak sih, kalo Neptunus ini sebuah rongga kosong, maka dapat menampung 60 Bumi! surprise
              Neptunus berwarna biru indah. Warna biru ini disebabkan atmosfer Neptunus mengandung gas metana. Gas metana menyerap warna merah dari Sinar Matahari dan memantulkannya sebagai warna biru. (Mungkin karena itu juga ya, Neptunus di film SpongeBob biru.hhe).
Neptunus punya 13 satelit alam, dan yang terbesar adalah Triton.


PLUTO, PLANET?

          Pluto dalam bahasa Yunani berarti Hades, yaitu nama dewa dunia penjahat Yunani. Pemberian nama ini mungkin dikarenakan letaknya yang sangat jauh dari Matahari dan selalu dalam kegelapan.

              Pluto masuk dalam galaksi Milky Way. Ukurannya paling kecil dibandingin planet-planet yang udah kita pelajari tadi. Ada yang unik ketika Pluto mengelilingi Matahari. Selama 20 tahun mengelilingi Matahari, orbit Pluto memotong orbit Neptunus. Keadaan ini menyebabkan Pluto jadi planet ke-delapan dan Neptunus terjauh.

Benarkah Pluto itu planet?
        Menurut pengertian IAU (International Astromical Union) pada tanggal 24 Agustus 2006, sistem Tata Surya kita memiliki delapan planet. Pluto dikelompokkan sebagai plenet kecil, dan planet kecil tidak sama dengan palnet yang sesungguhnya.

        Ahli astronomi membuat hipotesis adanya kelompok besar dari benda beku yang berada dalam Sabuk Kuiper. Sabuk Kuiper terdapat pada pinggiran sistem Tata Surya kita. Benda dalam Sabuk Kuiper pertama ditemukan pada awal tahun 1990. Para ilmuan mengaui bahwa Pluo-Kuiper. Dalam hal susunan dan orbitnya, Pluto berbeda dengan delapan planet yang lain, tetapi mempunyai kemiripan dengan benda-benda yang ada di Sabuk Kuiper. Sampai tahun 2003, Pluto masih merupakan benda terbesar dalam Sabuk Kuiper.

        Untuk saat ini, kita hanya mengenal tiga kelas untuk benda-benda di Tata Surya, yakni planet, planet kerdil, dan benda-benda kecil lainnya. Plane Tata Surya yang sekarang terdiri dari delapan planet dan tidak memasukkan Pluto. Pluto termasuk plenet kerdil, sama dengan asteroid Ceres, Quoaoar, dan Sedna. Benda kecil lainnya adalah asteroid kecil, komet, dan meteoroid.

Jadi, sekarang Pluto itu bukan planet kawan. Pada zaman dahulu, waktu saya masih SD, belajarnya Pluto masih planet looh. Poor Pluto, udah kecih, jauh, sekarang gak dianggap.hiks. Gak apa-apa Plu, I still love you kiss

Wuiiihh canggih banget teknologi zaman sekarang, yang lebih hebat pasti yang buatnya. Tapi yang Paling hebat diantara terhebat tentu Yang Menciptakan orangnya dooongparty

~SEKIAN~
Wassalaamu'alaykum . . .




Sumber : Nugroho, Ardi. 2010. Bumi dan Tata Surya 2. Yogyakarta: CV. Empat Pilar                      Pendidikan

4 comments:

  1. Miss, saya izin ngobrak-abrik blognya ya :D

  1. Bole2. Jangan dimuntahin aja yak.
    Sepi nih gak ada yang obrak abrik.hha

  1. Iya Miss, entar abis di obrak-abrik saya beresin lagi dah :D

Post a Comment