twitter
rss

    Assalaamu'alaykum...
Waahhh, sudah berabad-abad gak buka nih blog. Sekarang gue pengen ngepost tentang tokoh besar dunia nih, kebetulan tadi pas jalan tiba-tiba aja buku-buku menakjubkan ini jatuh begitu aja, buku-buku serial pengetahuan, hadiah kalo beli susu Frisian Flag dulu.hhaha
Ada yang tau? Itu tuh, kalo dikumpulkan 8 kuponnya dapet box buku yang dapat ditukarkan di supermarket terdekatbig grin

Semoga menambah pengetahuan kamu yaaaa...winking

Dunia memiliki tokoh besar. Mereka adalah orang-orang yang mengerahkan segala kemampuannya untuk menghasilkan berbagai karya yang bermanfaat bagi umat manusia.
#kata pengantar di bukunya.

1. VASCO DA GAMA

      Vasco da Gamma lahir di Sines, Portugal sekitar tahun 1460. Ia adalah anak ke tiga dari pasangan Eztavao Gama dan Izabel Sodre. Vasco dan orang tuanya tinggal dekat lautan. Dari para pelaut yang tinggal di dekatnya, ia banyak mendengar kisah mengenai negeri yang jauh. Inilah yang membuat Vasco tertarik untuk berlayar. Saat dewasa Vasco terkenal sebagai orang cerdas dan banyak mengetahui berbagai hal mengenai kelautan. Itu sebabnya raja menugaskannya memimpin pelayaran ke berbagai penjuru dunia.

Perlawanan dan Konflik
Vasco da Gama tiba pertama kali di India pada tahun 1498. Di sana ia mencoba melakukan hubungan dagang. Mulanya ia disambut dengan baik. Tetapi kemudian ia mendapat perlawanan dari 0rang-orang India sehingga ia dan kapal-kapalnya harus kembali ke Portugis. Pada tahun 1502 Vasco da Gama kembali ke India. Vasco da Gama wafat pada tanggal 24 Desember 1542 karena sakit.



Ini rute yang dilalui Vasco selam pelayaran. Nah, yang pulau di sebelah Mozambique itu Madagaskar ya. Hayooo, jangan sampe gak tau. Jangan-jangan cuma pernah nonton filmya doanghappy

Diserang Penyakit
Selama berlayar Vasco da Gama dan krunya banyak mengalami rintangan. Salah satunya dari pelaut-pelaut yang merampas kapal-kapal di bawah komandonya. Selain itu berbagai penyakit sering juga menyerang awak kapal hingga meninggal.
Ini kapalnya Vasco dalam pelayaran

FAKTA cowboy MENARIK
Vasco da Gama sempat dimakamkan di India.
Tetapi pada tahun 1539 makamnya dipindahkan ke Portugis.



2. JAMES COOK

       James Cook lahir di Marton-in-Cleveland, Yorkshire Inggris pada tanggal 27Oktober 1728. Ayahnya adalah seorang buruh tani. Pada tahun 1755 ia bergabung dengan angkatan laut. Sejak itulah pengalamannya dalam pelayaran semakin banyak. James Cook terkenal dengan pelayarannya ke daerh Pasifik dengan kapal Endeavour. Dengan pelayaran ini ia tiba di Selandia Baru. Di sana ia disambut oleh penduduk asli dan meneruskan perjalanan ke Australia.

Konflik dengan Penduduk Setempat
Pada 25 Juni 1776, Cook berlayar dengan kapal Resolution dan Discovery  dan menemukan pulau Sandwich atau Hawaii. Setelah itu ia meneruskan pelayaran ke Amerika. Namun, ketika kembali ke pulau Sandwich, Cook menghadapi konflik dengan suku asli di sana. Dalam sebuah penyerangan Kapten Cook terbunuh.

Ginilah kira-kira ilustrasi Kapten Cook mendapat perlawanan dari suku pribumi di Hawaii

Waah, jauh bener dai Inggris Ke Selandia Baru. Well, itu sebenernya banyak benget tuh pulau-pulau di Samudera Pasifik, coba cek deh atlas atau peta kamu

Menabrak Terumbu Karang
Ketika berlayar ke Australia, kapal Cook sempat menabrak Great Barrier ReefGreat Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang yang berada di sepanjang pantai bara Australia. Kumpulan batu ini terbentang sepanjang 2.000 km.


3. SAMUEL FINLEY MORSE

     Nah, buat tokoh yang satu ini, kalo kamu pramuka pasti belajar deh yang namanya sandi Morse, malah mungkin wajib hapal nih sandi. Terus dari sandi Morse, jadi sandi rumput. Masih inget waktu SD dulu?winking 
      Samuel Morse lahir Charlestown, Massachuetts, Amerika Serikat pada tahun 1971. Ayahnya bernama Jedidah Morse yang merupakan ahli geografi. Semasa muda Morse tidak pernah tertarik belajar teknik. Ia lebih tertarik untuk belajar seni lukis. Malah di tahun 1832 mengajar seni di New York University. 

      Pada tahun 1835 ia mulai membuat telegrap. Penemuannya ini menjadi sangat terkenal. Ia pun mematentkan penemuannya tersebut. Sejak saat itu kehidupannya berangsur-angsur membaik. Bahkan ia juga tidak lupa membantu orang-orang miskin dan papa.

Bantuan Teman-Teman
Mulanya Morse membuat mesin telegrap yang sederhana. Karena sederhananya, sinyal yang dikirimkan melalui kawat sangat lemah. Namun Morse mendapat bantuan dari teman-teman baikna, salah satunya Profesor Leonard Gale yang menyarankan untuk menambah voltase dengan cara menambah lilitan pada elktromagnet (jadi inget fisika ~__~'). Ia juga mendapat bantuan dari Alfred Vail yang membantu membuat konstruksi telegrap yang lebih baik.


Telegrap Sederhana
Telegrap pertama Morse dibuat dari bahan yang sangat sederhana, seperti bingkai lukisan tua, baterai buatan sendiri, dan sebuah jarum tua. Ini dilakukan karena kala itu Morse sempat menjalani hidup yang kekurangan.






4. THOMAS ALVA EDISON

       Siapa yang gak kenal tokoh satu ini, dari SD aja nama udah sering ada di buku-buku.
Thomas Alva Edison adalah penemu besar. Banyak sekali temuannya yang bermanfaat bagi manusia. Ia lahir di Milan, Ohio Amerika Serikat pada 11 Februari 1847.
       Sejak kecil ia tergolong anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ini tampak dari keinginannya untuk banyak membaca buku. Salah satu kegemarannya Edison adalah melakukan eksperimen. Kegemaran itulah yang membuat Edison banyak menghasilkan penemuan. Salah satu penemuan yang terkenal adalah bohlam lampu. Pada 18 Oktober 1931 Edison meninggal di New Jersey, Amerika Serikat.
                                                  
Bohlam temuan Tommy                            Kinetoscope, alat pemutar film buatan Edison

Berjualan di Atas Kereta
       Sejak kecil Edison sudah bisa mencari uang sendiri. Ia bekerja sebagai penjual permen di atas kereta api yang dikelola perusahaan Grand Trunk. Setiap pagi Edison harus berkuda ke stasiun. Ia baru kembali ke rumahnya pada pukul 11 malam.
Tidak hanya itu, lama-kelamaan ia uga menjual surat kabar Herlad Weekly.

FAKTA cowboy MENARIK
Semasa hidupnya Edison telah menemukan 3.000 penemuan 
dan memegang 1.093 paten atas namanya

Oh iya, kalau ngga salah, dulu pernah baca kalo Tommy ini waktu SD pernah disuruh pulang sama gurunya sambil bawa surat dari tuh guru untuk ibunya. Yang isinya ternyata, kurang lebih sih "Anak ibu ini bodoh, lebih baik jangan disekolahkan" (lupa inget2, more less lah kayak gitu). Sontaklah ibunya Tommy marah, dan bertekad akan mengajarkan Tommy sampai pinter, mulai dari baca dll. Salut sama perjuangan ibu, Mom you're the bestcrying


5. LOUIS PASTEUR

       Pasteur lahir di Perancis pada 27 Desember 1822. Ayahnya adalah seorang veteran tentara Napoleon yang membuka usaha penyamakan kulit. Semasa kecil Pasteur meminati lukisan. Malah ia gemar melukis teman-temannya dengan pastel. 
       Pada tahun 1843 Pasteur masuk Ecole Normale untuk belajar menjadi guru fisika pada usia 25 tahun. Pasteur berhasil meraih gelar doktor. Pasteur wafat pada tanggal 28 September 1895 dalam usia 73 tahun Meskipun telah tiada, namun penemuannya, pasteurisasi, sangat bermanfaat bagi kita hingga saat ini.

Apakah Pasteurisasi itu?
Pasteurisasi adalah proses mengawetkan makanan dan minuman dengan jalan memanaskannya hanya sampai 62,8C selama 30 menit. Dengan cara ini mikroba-mikroba yang merusak makanan akan mati.

Beginlah pasteurisasi yang dilakukan di pabrik susu

Menemukan Vaksin Anti Rabies
Pasteur juga menemukan vaksin anti rabies. Penemuan ini menyelamatkan seorang anak berumur sembilan tahun bernama Joseph Meister. Pada saat itu Joseph digigit oleh anjing gila (hampir mau nulis Suarezlaughing) di desanya. Setelah disuntik dengan vaksin anti rabies, anak itu berangsur-angsur sembuh.


FAKTA cowboy MENARIK
Vaksin anti rabies Pasteur diambil dari tulang belakang seekor kelinci yang terkena rabies. Kenyataan ini menjadikan percobaan terhadap binatang di dunia kedokteran untuk diterapkan pada manusia semakin poluler


6. JOHANN GUTENBERG

         Johann Gutenberg adalah salah satu penemu yang mengubah wajah dunia. Ia adalah penemu mesin cetak. Dengan penemuannya itu perkembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan bisa berlangsung lebih cepat. 
         Gutenberg lahir di Mainz, Jerman Barat pada sekitar tahun 1397. Ia adalah anak bangsawan yang berada. Ia memulai berbagai eksperimen percetakan antara tahun 1430-1440. Baru sekitar tahun 1450-an Gutenberg berhasil menciptakan mesin cetak.


Kini, Lebih Cepat dan Akurat
Dewasa ini teknologi mesin cetk sudah jauh lebih hebat. Dalam waktu beberapa jam misalnya, mesin cetak bisa menghasilkan surat kabar ribuan eksemplar. Dengan bantuan komputer proses cetak menjadi lebih akurat. Bukan hanya huruf, tetapi gambar pun bisa dicetak dengan lebih baik.

Alkitab 42 Baris
Buku yang dihasilkan oleh mesin cetak Gutenberg untuk pertama kalinya adalah Alkitab. Alkitab ini memiliki 1.282 halaman. Uniknya setiap halaman terdiri dari 42 baris dengan dua kolom. Sebagian dari Alkitab terebut masih tersimpan di sejumlah museum, salah satunya museum Gutenberg di Mainz.




7. LEONARDO DA VINCI

     Leonardo da Vinci adalah senima serba bisa. Ia tidak hanya terkenal sebagai pelukis, tetapi juga sebagai arsitek dan penemu. Leonardo lahir di kota Vini, Italia, pada tahun 1452. Lalu pada tahun 1460-an ia tinggal di Florence bersama orang tuanya. Di kota inilah ia belajar melukis pada Andrea del Verrochio.
       Pada tahun-tahun berikutnya Leonardo tertarik juga pada bidang-bidang arsitektur dan sains. Itu sebabnya ia sering membuat rancangan jembatan dan peralatan militer. Bahkan Leonardo termasuk orang yang mempelajari tubuh manusia. Pada tahun 1516 ia kembali ke Perancis dan wafat pada 2 Mei 1519.
Beberapa sketa yang dibuat Leonardo

Menjadi Inspirasi
Sebagai pelukis, Leonardo membuat sejumlah karya lukis yang terkenal seperti Mona Lisa, Last Supper, Virgin of The Rocks.
Selain itu sjumlah sketsa pun dibuatnya, misalnya saja sketsa mesin terbang. Gagasan Leonardo tersebut telah terwujud menjadi helikopter.


Mona Lisa, Si Misterius
Salah satu lukisan Leonardo yang terkenal adalah Mona Lisa, yang dibuat mulai tahun 1503 hingga 1506. Lukisan ini telah berabad-abad mengundang perhatian banyak seniman. Mereka memperdebatkan sosok wanita dalam lukisan itu.



Satu lagi nih, penemunya gunting itu Leonardo juga looh. Wah wah, keren banget bapak Leo ini, banyak banget kebisaannya.thumbs up


8. WILLIAM SHAKESPEARE

        William Shakespeare lahir di Stratford, Inggris pada 22 atau 23 April 1564. Ayahnya bernama John Shakespeare dan ibunya Mary Arden. Pada tahun 1571 Shakeseare masuk Stratford Grammar School. Di sekolah ini ia belajar bahasa Latin dan mengenal karya-karya sastra Latin.
        Pada November 1582 Shakespeare menikahi Anne HAthaway. Dari pernikahannya ini ia dikaruniai tiga orang anak. Pada masa itu ia sudah mulai mencoba menulis drama. Baru pada tahun 1592 Shakespeare tercatat mulai main di panggung dan dikenal luas.

Karya-Karya Shakespeare yang Terkenal Antara Lain:

Tragedi                   Komedi                  Sejarah                 Puisi
Hamlet                  Comedy of Errors                King Henry V         A Lover's Complaint
Macbeth                Merchant of Venice             King John             Sonnets 121-154
Othello                  Merry Wives of Windsor    Richard II    The Phoenix and The Turtle
Romeo and Juliet   Two Gentleman of Verona                              The Rape of Lucrece

Bermain di Chamberlain's Men
Shakespeare bergabung dengan kelompok drama Chamberlain's Men. Di sini ia tidak hanya sebagai pemain, tetapi juga pengelolanya.

Mulai Main di Kerajaan
Ketika Rtu Elizabeth wafat, Raja James VI dari Skotlandia menggantikan kedudukannya. Pada saat itulah Chamberlain's Maen mulai bermain di kerajaan. Malah kemuadian kelompok ini dikenal sebagai The King's Men.



Yaaaahhh, sekian. Capai banget gue ngetiknya.
Semoga bermanfaat bagi kita semua yaaawave
Wassalam...



Sumber: Ensiklopediaku Serial Pengetahuan Anak




4 comments:

  1. Trim's Miss atas infonya, kalau miss tau, boleh share dong tokoh kecil dunia, hihi ^_^

  1. Tokoh kecil gimana maksudnya?
    Tokoh baju, tokoh kelontong?*eh
    Makasih sarannya, sering2 kasih saran yak Qaisara Uzma.hehe

  1. Hahaha, Miss ngelawak ^_^

  1. bagus sekali informasinya


    susu kental manis

Post a Comment