twitter
rss


Assalaamu'alaikum Saudara-Saudaraku yang dirahmati Allah. Saya di sini bukan untuk tausiyah apalagi khotbah Jumat, tapi saya hanya................ingin berbagi secuil ilmu yang kecil kayak semut.hehe

Baiklah, Saudara-Saudara yang berbahagia, setelah sekian lama saya tidak berkreativitas. Dulu saya pernah menyinggung2 seorang bapak2 pada postingan pertama saya, ketika bumi masih kosong, ketika dinosaurus lagi tidur, dan ketika listrik belum ada. Ya, kali ini saya membagi sedikit ilmu yang saya dapat dari . . . Jreng - - - Jreng - - - Jreng!!! Buku SISTEM KILAT MATEMATIKA DASAR METODE TRACHTENBERG salah satunya tentang perkalian sebelas. Dan bapak2 itu adalah Bapak Trachtenbergkeren

Saya jamin, jika Anda menguasai trik ini, Anda akan lebih cepat menghitung nol koma sekian detik, 5 detik, bahkan mungkin 1 menit lebih cepat dari teman Anda yang menggunakan metode biasa.

All right, here we go!!


1. Perkalian Sebelas
Di sini, jawaban dituliskan angka demi angka dari kanan ke kiri.
Kita langsung masuk ke contoh, okeeeyyytersenyum lebar
Contohnya 11 x 12 = 132 caranya,
- tuliskan angka terakhir dari 12, yaitu 2 di paling kanan _ _ 2
- lalu, tambahkan 1 + 2 pada angka 12 menjadi _ 3 2
- terakhir, tulikan 1 pada paling kiri, menjadi 132
Mudah, 'kan?

Contohnya lagi 633 x 11 = . . .
- tuliskan angka terakhir yang paling kanan dari 633, menjadi _____3
- tambahkan tiap angka selanjutnya pada angka sebelah kanannya, yaitu 3 + 3, hasilnya 6, masukkan menjadi  ____63
- lalu tambahkan 6 + 3, menjadi _963
- angka pertama dari 633, yaitu 6, menjadi angka paling kiri pada jawabannya: 6963

Jadi, kurang lebih beginilah sistemnya:
0 + 6 + 3 + 3 + 0
   6    9    6   3

Lagi, lagi, lagi (Teletubies beraksi)
763542 x 11 = 8398962
0 + 7 + 6 + 3 + 5 + 4 + 2 + 0
   8    3   9    8   9    6    2

Kenapa jadi 8?
Karena 7 + 6 = 13, angka 3 kita tulis, angka 1 kita simpan, masukkan ke angka selanjutnya, yaitu 7, maka jadilah delapan.
Tidak percaya dengan hasil tersebut, silahkan hitung secara manual, pake kalkulator sayur, kalkulator hp, dsb. Niscaya hasilnya akan sama...

Cobalah perkalian sebelas dengan angka2 sembarangan yang lain, maka Anda akan terkejut bahwa jawaban Anda benar.hhe

Tunggu trik lainnya saya dipostingan selanjutnya!!!
Sayonara... Ja ne!
Wassalaamu'alaikummelambaikan tangan
  
"If you fall on the ground, fall like a seed that will grow back "

0 comments:

Post a Comment