twitter
rss

Pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Ditjen Pendidikan Tinggi membiayai 20 dosen muda pendidikan Matematika untuk studi International Master Programme on Mathematic Education di Freudenthal Institute, University of Utrecht Belanda selama setahun.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan mutu program studi pendidikan matematika di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang karena bekerja sama dengan Freudenthal Institute Universitas Utrecht, salah satu universitas terbaik di Belanda, demikian dikatakan Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker usai acara pelepasan di Jakarta, Rabu.
"Saya yakin dengan kualitas program ini dan kualitas lulusannya akan bermanfaat dalam meningkatkan pendidikan matematika di Indonesia. Dalam dua tahun ke depan, Twinning program ini diharapkan mampu ditingkatkan menjadi program double degree," kata Mervin Bakker, Rabu (30/1/2013).

Sementara itu, Ridwan Anzib mewakili Direktorat Ketenagaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan program kerja sama antara Unsri, UNESA dan Universitas Utrecht adalah langkah nyata dari komitmen Dikti bagi capacity building para staf akademis dan universitas- universitas di Indonesia menuju World Class University.


Untuk menjadi pemimpin di bidang pemerintahan atau politik, banyak yang langsung mengambil keputusan untuk menempuh studi di jurusan ilmu politik saja. Padahal, jurusan-jurusan lain juga berpotensi mencetak para pemimpin bangsa dan negarawan.

Di jurusan-jurusan ini, kemampuan seseorang untuk menjadi pemimpin di bidang pemerintahan dan politik juga diasah dengan baik. Ini dia lima jurusan yang bisa dijadikan pilihan apabila tertarik berkarier di dunia pemerintahan dan politik, tentu saja selain jurusan ilmu politik.

1. Ekonomi
Sebagai calon pemimpin, tentu harus paham mengenai masalah ekonomi, baik mikro maupun makro, sehingga dapat mengetahui langkah apa saja yang akan diambil untuk mengembangkan ekonomi negara atau daerah. Hal ini dibuktikan oleh beberapa tokoh yang merupakan ahli ekonomi, tapi berhasil menjadi pemimpin di suatu negara, seperti Perdana Menteri Italia Mario Monti dan Perdana Menteri Kanada Stephen Harper.

Pencapaian prestasi belajar siswa Indonesia di bidang sains dan matematika, menurun. Siswa Indonesia masih dominan dalam level rendah, atau lebih pada kemampuan menghafal dalam pembelajaran sains dan matematika.

Demikian  hasil Trends in Mathematics and Science Study (TIMSS) yang diikuti siswa kelas VIII Indonesia tahun 2011. Penilaian yang dilakukan International Association for the Evaluation of Educational Achievement Study Center Boston College tersebut, diikuti 600.000 siswa dari 63 negara.

Untuk bidang Matematika, Indonesia berada di urutan ke-38 dengan skor 386 dari 42 negara yang siswanya dites. Skor Indonesia ini turun 11 poin dari penilaian tahun 2007.
Pada TIMSS matematika kelas VIII tersebut, peringkat pertama diraih siswa Korea (613), selanjutnya diikuti Singapura. Nilai rata-rata yang dipatok 500 poin.
Adapun bidang sains, Indonesia berada di urutan ke-40 dengan skor 406 dari 42 negara yang siswanya dites di kelas VIII. Skors tes sains siswa Indonesia ini  turun 21 angka dibandingkan TIMSS 2007.

Memilih jurusan kuliah bukanlah urusan yang sepele. Penting untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Untuk menemukan jurusan yang sesuai pula, carilah informasi sebanyak-banyaknya. Internet menyediakan banyak informasi, diskusi dengan senior atau alumni dari jurusan tersebut juga sangat berguna.

Nah, di Inggris, seperti dikutip dari Telegraph, penyedia informasi University Course Finder mencatat ada 10 jurusan yang paling diincar dan paling banyak dicari informasinya oleh para user. Jurusan apa saja?

Selama ini, kita tahu banyak program beasiswa yang ditawarkan dari pemerintah Australia bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di negara kangguru tersebut. Salah satu program beasiswa terkini adalah Australian Development Scholarship atau yang biasa disingkat dengan ADS untuk tahun keberangkatan 2013-2014. Tertarik?

Pertama-tama mungkin kamu akan bertanya kenapa sih harus Australia? Well, mungkin pertanyaan tersebut sangat sering terbersit di benak kamu. Kenapa harus Australia, padahal banyak juga negara lain yang menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa dari Indonesia. FYI, Australia adalah salah satu negara dengan jumlah mahasiswa Indonesia terbesar di dunia. Selain letak geografisnya yang cukup dekat dengan Indonesia sehingga mudah dijangkau, biaya hidup di Australia tidaklah semahal negara-negara lain di Eropa atau Amerika Serikat.

Tak hanya itu, pemerintah Australia juga sangat memperhatikan kebutuhan mahasiswa asing yang belajar di sana. Karena itu, tak heran jika Australia menjadi negara pilihan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi kedua setelah Amerika Serikat. Nah, untuk mendukung hal tersebut, pemerintah Australia juga sering mengadakan program beasiswa bagi para pelajar yang ingin melanjutkan studi di sana. Salah satunya ya program Australian Development Scholarship (ADS) tadi. Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan program pascasarjana, kamu bisa segera mendaftarkan diri untuk tahun keberangkatan 2013-2014 mendatang.
Apa sih Australian Development Scholarship (ADS) itu? ADS adalah salah satu program

Siapa yang tidak tahu sudoku?(minimal udah pernah denger lah). Sudoku merupakan salah satu permainan teka-teki yang 'memukul' dunia teka-teki. Siapa sangka permainan ini begitu terkenal pada tahunnya?

Sudoku merupakan teka-teki yang memiliki jaringan yang sebagian diisi dengan angka. Pemecah harus mengisi sisa kotak dengan kombinasi yang tepat dari angka.
Dalam matematika, abad ke-18 Swiss Leonhard Euler mengembangkan konsep kotak Latin, di mana angka-angka dalam kotak muncul tepat satu kali di setiap baris dan tepat sekali dalam setiap kolom. Pada akhir 1970-an, Majalah Dell di AS mulai menerbitkan teka-teki Sudoku menggunakan konsep Euler's dengan 9 dengan 9 kotak persegi. Teka-teki itu disebut Number Place kemudian, dan dikembangkan oleh Howard Garnes, seorang arsitek pensiun pada 1979. 

Pada pertengahan 1980-an, teka-teki Jepang perusahaan Nikoli, memperkenalkan permainan ini, yang menjadi sangat populer di Jepang. Maki Kaji, presiden Nikoli memberi nama permainan ini "Suuji wa Dokushin ni Kajiru", yang berarti nomor harus tunggal, atau nomor harus terjadi hanya sekali. Kemudian nama itu disingkat menjadi SUDOKU, yang kta kenal sekarang.

Demam Hallyu alias Demam Korea (Korea Selatan – red) tampaknya sekarang sedang melanda Indonesia. Bukan hanya tentang boyband dan drama televisi, tetapi juga minat untuk melanjutkan studi ke sana.

Semakin sering saja kita mendengar berita keberangkatan pelajar Indonesia untuk melakukan program pertukaran pelajar ataupun melanjutkan pendidikan tinggi ke Negeri Gingseng ini. Apalagi Korea memberikan sejumlah keuntungan bagi para pelajarnya. Dengan menunjukkan kepemilikan kartu pelajar, para pelajar di Korea berhak memperoleh potongan biaya pesawat, memasuki perpustakaan untuk mencari data, serta menikmati fasilitas rumah sakit umum. Barangkali Anda ingin mengikuti jejak mereka? Sebelumnya, yuk baca dulu artikel ini.

Kebudayaan yang menarik adalah salah satu faktor penarik pelajar asing untuk belajar di Korea Selatan, baik dari kesenian, makanan, maupun gaya hidup. Salah satu yang unik dari kebudayaan Korea adalah cara penghitungan umur. Tidak seperti di negara kita yang menghitung umur satu tahun setelah anak menjalani hidup selama satu tahun, bayi Korea langsung dinyatakan berumur satu tahun ketika mereka lahir. Jadi, anak berumur enam tahun di Indonesia dianggap berusia tujuh tahun di Korea. Selain itu, sistem pendidikan Korea yang serupa dengan pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu daya tarik pelajar Indonesia untuk belajar di sana. Diawali dari pendidikan dasar selama enam tahun, dilanjutkan dengan pendidikan menengah pertama dan menengah atas masing-masing selama tiga tahun. Selanjutnya, terdapat berbagai pilihan pendidika

“Welcome to Education UK Exhibition”, itulah sambutan dari salah seorang perwakilan British Council dalam pembukaan pameran pendidikan Inggris Raya yang diselenggarakan pada hari Kamis (01/11) di salah satu hotel di kawasan bisnis kota Yogyakarta. Tepuk tangan dari para pengunjung membahana di luar area ballroom hotel diikuti dengan dibukanya pintu ballroom sebagai tanda bahwa acara telah resmi dibuka. Cuaca kota Yogyakarta pada siang itu sangatlah terik. Posisi matahari seolah berada tepat di atas kepala, sehingga udara terasa panas dan gerah. Namun, teriknya matahari siang itu ternyata tidak mengurangi animo masyarakat kota gudeg tersebut untuk menghadiri pameran pendidikan Inggris Raya yang memang diselenggarakan siang hari mulai pukul 13.00 hingga 18.00 WIB. Hal ini tampak dari banyaknya pengunjung yang mengantri untuk melakukan registrasi.

Pameran pendidikan Inggris Raya ini diikuti oleh kurang lebih 20 universitas dan perguruan tinggi yang ada di Inggris. Beberapa di antaranya sebut saja Bellerbys College, University of Birmingham, University of Manchester, University of Lincoln, University of Central Lancashire, Middlesex University, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mempermudah pengunjung mengetahui stan dari setiap perwakilan universitas dan perguruan tinggi, di bagian belakang meja stan terdapat banner promosi

Ini adalah soal-soal matematika tingkat SMP, bagi yang membutuhkan silahkan di download...

1. Download Soal Olimpiade Tk. Kota 2003-2011
2. Download Soal Olimpiade Tk. Provinsi 2003-2010
3. Download Soal OSN

Berikut adalah bahan ajar mengenai materi "Pangkat Akar, Bentuk Akar, dan Logaritma" dalam file powerpoint.

Untuk mendownload filenya dapat di klik di sini.

Setelah 4 International Colleges & Universities (4ICU) merilis pemeringkatan pada akhir Januari lalu, situs pemeringkatan perguruan tinggi dunia lainnya, Webometrics, merilis ranking perguruan-perguruan tinggi di dunia pada akhir Februari 2013. Ada 360 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk ke pemeringkatan Webometrics pada awal tahun 2013 ini.

Universitas Gadjah Mada (UGM) masih dinilai sebagai perguruan tinggi dengan performa dan popularitas situs yang terbaik di Indonesia. Namun, di ranking dunia, UGM tergeser dari peringkat 390 (survei Webometrics Juli 2012) ke peringkat 440.

Sementara itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil menggeser posisi Universitas Indonesia (UI) yang sebelumnya bercokol di peringkat kedua di dalam negeri. Universitas Gunadarma adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta yang berada di peringkat sepuluh besar dalam negeri, bahkan naik dari peringkat enam ke peringkat empat.

Dalam edisi awal tahun ini, Webometrics mengklaim melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 21.000 perguruan tinggi di dunia. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan empat indikator, yaitu  impact, presence, openness, dan excellence terhadap situs web masing-masing perguruan tinggi. Indikator tidak terkait langsung dengan kualitas akademik dari setiap perguruan tinggi.

Berikut ini adalah 50 kampus di Indonesia dengan performa dan popularitas situs web yang terbaik menurut survei Webometrics.

1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Teknologi Bandung
3. Universitas Indonesia
4. Universitas Gunadarma


Ppt ini di ambil dari materi Geometri Analitik Datar Ruang pada semester 3.
Filenya bisa di download di sini.

Pengamat pendidikan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Suryadi menilai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melebur sejumlah mata pelajaran melalui penerapan kurikulum 2013 akan menimbulkan masalah terutama terkait keberadaan guru.

"Yang saya dengar melalui pemberlakuan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014 sejumlah mata pelajaran akan diintegrasikan atau dilebur, ini kemungkinan akan mengurangi jumlah guru, belum lagi guru yang didaulat mengajar akan kesulitan karena integrasi tersebut," ujar Suryadi saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Melalui pemberlakuan kurikulum 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Rubik's Cube adalah kubus puzzle berupa permainan teka-teki mekanik yang di temukan pada tahun 1974 oleh seorang pemahat dan Profesor Arsitektur Hungaria, Prof. Erno Rubik. Setiap 6 sisi dari kubus ini memiliki enam warna yang berbeda.

Banyak orang yang memikirkan bagaimana menyelesaikan puzzle ini dan akhirnya ditemukan algoritma untuk menyelesaikannya. Rubik tercatat sebagain mainan yang paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik termasuk imitasinya.

Pada Maret 1970, Larry Nichols menciptakan 2 × 2 × 2 Puzzle dengan bagian yang dapat

Siapa bilang kualitas pendidikan Barat lebih hebat dari Timur? Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh peneliti Boston College, Amerika Serikat, bahwa negara-negara Asia menempati peringkat tertinggi ranking sekolah untuk bidang matematika, sains, dan membaca.

Tempat-tempat teratas dalam ranking pendidikan global diduduki oleh Singapura, Hong Kong, dan Korea Selatan. Di bidang matematika sekolah dasar, Singapura berada di peringkat pertama disusul Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, Jepang dan Irlandia Utara.

Korea Selatan, Singapura, Finlandia, dan Jepang masing-masing menduduki peringkat pertama di bidang sains tingkat sekolah dasar. Hong Kong menempati urutan pertama di bidang membaca dan disusul Federasi Rusia, Filandia, Singapura, Irlandia Utara dan Amerika Serikat.

Baca selengkapnya>>>


Sumber: esqmagazine.com

Okay, this time I will write 'bout some characteristics of quadrilateral that I got in my first semester (Telaah Buku Teks Matematika Bahasa Inggris) from Drs. Purwoko, M. Si on October rain 2011. Let's sing together!!
Triangle triangle triangle . . . (Pelangi-Pelangi song).

1. SQUARE
    - 4 equal sides
    - 4 right angles
    - 2 equal diagonals
    - 2 diagonal are perpendicular each other

Buku pelajaran dari kertas dan tinta di sekolah di AS telah diganti dengan tablet komputer dan tas sekolah menjadi lebih ringan. Para penerbit memperbarui buku-buku pelajaran hampir secara langsung dengan peristiwa atau riset terkini. Semakin banyak sekolah menggunakan tablet komputer sebagai cara mempertahankan ketertarikan siswa, menghadiahi prestasi mereka, dan dalam beberapa kasus, menurunkan biaya per murid.

“Kami harus menggunakan teknologi untuk memberdayakan guru dan memperbaiki cara murid belajar,” ujar Joel Klein, mantan kepala sekolah di New York yang sekarang memimpin program tablet pendidikan yang dilakukan perusahaan media News Corp.

“Teknologi pendidikan akan mengubah wajah pendidikan dengan membantu guru mengelola kelas dan menjadikan instruksi lebih personal.”

Laman VOA, Kamis (7/3/2013) melaporkan, sekitar 2.000 sekolah sudah bermitra dengan Google untuk menggunakan Chromebooks, dengan harga mulai $199. 20 juta siswa dan guru di Amerika Serikat sudah menggunakannya.

Studi dari Pew Research Center mengenai internet dan kehidupan di Amerika menemukan bahwa lebih dari 40 persen siswa atau guru menggunakan semacam tablet di kelas dalam proyek penulisan nasional mereka. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat.


Baca Selengkapny>>>

Sumber: hidayatullah.com

Times Higher Education merilis daftar World Reputation Rankings yang menunjukkan universitas-universitas dengan reputasi akademik terbaik di dunia untuk tahun 2013. Universitas-universitas ini dinilai memiliki nama baik yang dipercaya oleh para akademisi senior dan berpengalaman di dunia.

Pemeringkatan ini, menurut laman resmi THE, didasarkan pada penilaian para ahli dan akademisi terhadap universitas-universitas di dunia berdasarkan pengalaman mereka soal penelitian dan pengajaran sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing selama minimal 17 tahun.

Ada sekitar 16.639 akademisi yang terlibat sepanjang berlangsungnya survei pada Maret sampai April 2012. Salah satu yang ditanyakan adalah pertanyaan action-based, seperti "Universitas mana yang Anda pilih untuk mengirimkan sarjana terbaik Anda untuk memperoleh bimbingan terbaik dalam meraih gelar master?" Total, ada 11 indikator yang digunakan dalam survei.

Di peringkat pertama dan kedua, duduk dua perguruan tinggi ternama dari Amerika Serikat, Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Sementara itu, peringkat ketiga dan keempat diduduki oleh University of Cambridge dan University of Oxford dari Inggris.

Berikut ini adalah perguruan tinggi yang masuk dalam daftar ranking 100 reputasi terbaik di dunia.

1-50
1. Harvard University
2. Massachusetts Institute of Technology

Ini salah satu contoh soal dari pembelajaran PMRI, yang memungkinkan mempunyai banyak penyelesaian.

Soal:


Seorang ibu setiap hari memasak ¾ kg beras. Di dapur ibu mempunyai satu karung beras 25 kg. Setelah berapa hari ibu harus membeli beras lagi?
 














Untuk mendownload filenya, klik download.